Bahaya Syirik


Pengertian
Syirik berasal dari kata ‘syaroka’ yang artinya bersekutu . Jadi, yang dimaksud dengan syirik adalah keyakinan yang ada pada seseorang, baik dilahirkan maupun tidak dilahirkan, yang meyakini bahwa ada kekuatan atau kekuasaan di alam semesta ini yang menyamai dengan kekuasaan Allah SWT.
Perilaku syirik disebut musyrik.
Contoh perbuatan syirik antara lain :

  1. Menyembah, meminta kepada berhala/benda-banda lain selain Allah SWT
  2. Mempercayai / meyakini adanya kekuasaan / kekuatan terhadap benda-benda, orang yang dianggap memiliki kekuasaan sama atau melebihi dengan kekuasaan Allah SWT.
Perbuatan syirik dapat mengakibatkan bahaya, antara lain :
  1. Syirik menghapus amal sholeh . hal ini sebagaimana tersurat dalam Qs. Az-zumar ayat 65, yang artinya : Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu  :  ‘Jika kamu mempersukutukan  (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi’.
  2. Syirik membawa kesesatan, sebagaimana dalam Qs. Saba ayat 24, yang artinya, katakanlah : “Siapakah yang memberi  rezeki  kepadamu  dari langit dan dari bumi?”. Katakanlah : “Allah“, dan sesungguhnya kami atau kamu (orang-orang musyrik), pasti berada dalam kebenaran atau dalam kesesatan yang nyata .
  3. Pelaku syirik dosanya tidak diampuni Allah SWT . Dalam Qs. An-nisa ayat 48 disebutkan :  “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik , dan Dia mengampuni  segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya . barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar“ .

Mengapa tergelincir perbuatan syirik?
Allah SWT memiliki kekuasaan apa yang ada di daratan dan di lautan, yang ada di bumi dan di langit .   Allah SWT menuruti semua kemauan manusia, baik kemauan jelek maupun kemauan baik.
Dan Allah SWT telah memberi petunjuk mana yang hak/baik, yang boleh dan harus dilaksanakan/diamalkan oleh manusia .
Yang batil sudah jelas, yang hak/halal juga sudah jelas, sebagaimana tertera dalam Al-Qur’an dan Hadist.
Namun manusia masih ada bahkan banyak yang melanggar petunjuk atau peraturan Allah SWT .
Akibatnya manusia tersebut mengalami kerugian, baik kerugian langsung di dunia maupun kerugian kelak di akhirat. Karena akhirat bersifat abstrak (tidak kelihatan), sehingga banyak orang yang kurang meyakini  hal itu. Hanya orang-orang yang beriman sajalah yang meyakini adanya kehidupan di akhirat.
Dalam Qur’an Surat Al-An’am ayat 44, disebutkan bahwa Allah menunjukkan kekuasaannya :
Memberikan kebebasan dalam berbuat, sehingga perbuatan tersebut menggelincirkan kita untuk berbuat syirik.
“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka. Sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa”.
Salah satu sabda Nabi Muhammad SAW tentang syirik : “Barang siapa yang mendatangi peramal, tukang sihir, atau dukun dan ia mempercayai apa yang dikatakannya, maka ia telah kagir dengan apa yang diturunkan kepada Muhammad SAW “(Al- Qur’an dan Al Hadist ) (HR. Thabroni).

SEMOGA KITA TIDAK TERMASUK ORANG-ORANG YANG SYIRIK (musrik) Amin.

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

One Response to Bahaya Syirik

  1. muhammad zakariah mengatakan:

    amin.. thanks pencerahan sorennya./. mudah2an negara ini bisa menjadi lebih baik lg.. :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.863 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: