Jenis – Jenis Undangan


Souvenir_Jenis – Jenis Undangan adalah sebuah surat yang meminta penerima untuk menghadiri suatu acara. Hal ini biasanya dikirim beberapa minggu sebelum tanggal acara dilaksanakan. namun demikian waktu pengiriman Undangan juga terkadang disesuaikan dengan kebudayaan atau kebiasaan masing – masing daerah atau bahkan wilayah negara. Di Eropa misalnya, Undangan pernikahan biasanya dikirimkan dalam jangka waktu delapan sampai enam minggu sebelum waktu pelaksanaan acara atau

Jenis - Jenis Undangan

Jenis - Jenis Undangan

perhelatan.

Undangan dibedakan menjadi bermacam – macam jenis, jika dibedakan dari kepentingan acaranya maka undangan undangan bisa dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :

  • Undangan Formal : Undangan yang mengatasnamakan sebuah Instansi / organisasi atau kedinasan. Bisasanya dipergunakan untuk kepentingan – kepentingan kedinasan ataupun bersifat struktural.
  • Undangan Semi Formal : Undangan yang mengatasnamakan perorangan untuk kepentingan perorangan, meskipun kadang – kadang acara yang di laksanakan adalah acara resmi personal. Misalnya undangan acara resmi adat yang di berikan oleh seseorang kepada pemangku adat untuk melakukan acara yang bersifat sakral dan menjadi budaya di dalam masyarakat setempat.
  • Undangan Informal : Undangan yang mengatasnamakan perorangan untuk kepentingan perorangan atau golongan. Misalnya sebagai contoh Undangan untuk acara ulang tahun anak – anak.

Terlepas dari tepat atau tidaknya pembagian jenis – jenis undangan, pastinya tak perlu untuk debat kusir mengenai hal tersebut, bukankah kita mamiliki sebuah kata – kata bijak “Lain ladang  Lain Ilalang, Lain lubuk lain Ikan nya”.

Berikut ini beberapa undangan yang biasa dibuat oleh masyarakat kita :

  1. Undangan Pernikahan
  2. Undangan Pertunangan
  3. Undangan Panitia Khajatan/Pesta
  4. Undangan Khitanan
  5. Undangan Ulang Tahun
  6. Undangan Aqiqoh
  7. Undangan Kelahiran
  8. Undangan Khamilan 4 Bulan
  9. Undangan Kehamilan 7 Bulanan
  10. Undangan Aqiqoh
  11. Undangan Tasyakuran haji (Berangkat haji)
  12. Undangan Pengajian Yaasiin & Tahlil
  13. Undangan Khoul (Memperingati/peringatan Wafat)
  14. Undangan Pengajian Umum
  15. Undangan Tasyakuran Pembangunan Rumah
  16. Undangan Tasyakuran Kelulusan Sekolah (Wisuda)
  17. Undangan Tasyakuran Kenaikan Jabatan
  18. Undangan Tasyakuran Khusus (biasanya : Undangan untuk mendo’akan keselamatan saudara di rantauan, hari – hari khusus dll.)
  19. Undangan Pindah Rumah
  20. Undangan Tempat Tinggal Baru, dll

Beberapa undangan tersebut biasa dipesan untuk kepentingan – kepentingan yang bersifat semi formal untuk mempermudah penyampaian karena terkadang jika di sampaikan secara lesan akan muncul kemungkinan lupa jika melalui pihak kedua atau bahkan tidak bertemu dengan orang yang bermaksud diundang sehingga akan semakin mempersulit.

Mengenai bentuk dan jenis undangan (dari segi materialnya) tentu hal itu kembali lagi berkaitan dengan jenis acara dan budget yang  ada. Pastinya untuk menciptakan undangan dengan karakteristik bagus dan elegan tak harus menggunakan cost yang besar.

Nah, Jika mungkin Anda ingin menciptakan sebuah undangan yang pas denga keperluan dan acara yang akan diadakan, tak perlu lagi ragu – ragu, cukup kontak kami. kami siap membuatkan kreasi terunik dan cocok dengan selera yang Anda inginkan.

Jangan ragu untuk menghubungi kami. (Silahkan klik Cara Pemesanan.) dan kami siap melayani Anda sepuasnya

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

One Response to Jenis – Jenis Undangan

  1. fiara artika mengatakan:

    bagus bangt surat nya,nnti q mau buat surt buat ulangthnku thank nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.862 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: