Persahabatan


Ibrahim al-Khawas ialah seorang wali Allah yang terkenal keramat dan dimakbulkan segala doanya oleh Tuhan. Beliau pernah menceritakan suatu peristiwa yang pernah dialaminya. Katanya, “Menurut kebiasaanku, aku keluar menziarahi Mekah tanpa kendaraan dan kafilah. Pada suatu ketika, tiba-tiba aku tersesat dan kemudian aku berhadapan dengan seorang rahib Nasrani (Pendita Kristian).”
ketika dia melihatku dia pun berkata, “Wahai rahib Muslim, bolehkah aku bersahabat denganmu?”

Ibrahim segera menjawab, “Ya, aku tidak akan menghalangi kehendakmu.”
Maka berjalanlah Ibrahim bersama dengannya selama tiga hari tanpa meminta makanan sehingga rahib itu mengatakan rasa laparnya kepadaku, katanya, “Tidaklah ingin aku memberitakan kepadamu, bahwa aku telah menderita kelaparan. Karena itu berilah aku sesuatu makananyang ada padamu.”
Mendengar permintaan rahib itu, lantas Ibrahim pun bermohon kepada Allah dengan berkata, “Wahai Tuhanku, Pemimpinku, Pemerintahku, janganlah engkau memalukan aku di hadapan musuhmu ini.”

Belum habis Ibrahim berdoa, tiba-tiba turunlah hidangan dari langit berisi dua keping roti, air minum, daging masak dan makanan lainya. Maka mereka pun makan dan minum bersama dengan lahap.
“Setelah itu aku meneruskan perjalananku, tiga hari tanpa makanan dan minuman, maka di pagi hari, aku pun berkata kepada rahib itu, “Hai rahib Nasrani, berikanlah ke mari sesuatu makanan yang ada pada mu. Rahib itu menghadap kepada Allah, tiba-tiba turun hidangan dari langit seperti yang diturunkan kepadaku dulu.”

Sambung Ibrahim lagi, “Tatkala aku melihat yang demikian, maka aku pun berkata kepada rahib itu – Demi kemuliaan dan ketinggian Allah, tiadalah aku makan sehingga engkau memberitahukan (hal ini) kepadaku.”
Jawab rahib itu, “Hai Ibrahim, ketika aku bersahabat denganmu, maka kudapatkan makrifah (pengenalan) mu padaku, lalu aku memeluk agama mu. Sesungguhnya aku telah membuang masa kesesatanku dan sekarang aku telah mendekati Allah dan berpegang kepada-Nya. Dengan kemuliaan mu, tiadalah dia memalukan aku. Maka terjadilah kejadian yang engkau lihat sekarang ini. Aku telah mengucapkan seperti ucapanmu (kalimah syahadah).”

“Maka bahagialah aku setelah mendengar jawaban rahib itu. Kemudian aku pun meneruskan perjalanan sehingga sampai ke Mekah yang mulia. Setelah kami mengerjakan haji, maka kami tinggal dua tiga hari lagi di tanah suci itu. Suatu ketika, rahib itu tiada kelihatan, aku mencarinya di masjidil haram, tiba-tiba aku melihatnya sedang bersembahyang di sisi Kaabah.”
Setelah selesai bersembahyang maka dia pun berkata, “Hai Ibrahim, sesungguhnya sebentar lagi aku berjumpa dengan Allah, maka pelihalaralah persahabatan dan persausaraanku denganmu.”

baru saja dia berkata, tiba-tiba dia menghembuskan nafasnya yang terakhir. Selanjutnya Ibrahim menceritakan, “Maka aku merasa amat berdukacita di atas kepergiannya itu. Aku segera menguruskan hal-hal pemandian, kapan dan dimana dikebunikan. Apabila malam aku bermimpi melihat rahib itu dalam keadaan yang begitu indah sekali tubuhnya dihiasi dengan pakaian sutera yang indah.”
Melihat itu, Ibrahim pun terus bertanya, “Bukankah engkau ini sahabatku kemarin, apakah yang telah dilakukan oleh Allah terhadap engkau?”

Dia menjawab, “Aku berjumpa dengan Allah dengan dosa yang banyak, tetapi dimaafkan dan diampunkan-Nya semua itu kerana aku berprasangka baik kepada-Nya dan Dia menjadikan aku seolah-olah bersahabat dengan engkau di dunia dan bertetangga dengan engkau di akhirat.”
Begitulah persahabatan di antara dua orang yang berpengetahuan dan beragama, hal itu akan memperolehi hasil yang baik dan memuaskan. Walaupun salah seorang dahulunya beragama lain, tetapi berkat keikhlasan dan ketaatannya kepada Allah, maka dia masuk Islam.

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

Tinggalkan Balasan

