Jepang Ciptakan Robot Layaknya Manusia


Robot

Robot

OSAKA: Tim peneliti dari Universitas Osaka telah mengembangkan robot humanoid (berbentuk manusia) yang dapat menirukan ekspresi layaknya seorang manusia seperti tertawa dan tersenyum.

Robot yang dinamai Geminoid TMF ini dapat menggerakkan wajahnya yang terbuat dari karetnya untuk tersenyum dan tertawa dengan menunjukan deretan giginya, bahkan berekspresi sedih dan murung dengan mengerutkan alisnya. Semua itu ditirukan robot dengan menerima sinyal dari seseorang.

Tim peneliti yang dipimpin Hiroshi Ishiguro lalu menggelar peragaan dengan menghadirkan robot yang wujudnya menirukan seorang perempuan muda berambut hitam panjang berusia 20-an. Robot dan perempuan muda itu diberi pakaian yang serupa yakni, rok dan jaket kulit berwarna hitam.

Saat sang perempuan tersenyum dan mengernyitkan keningnya, robot itu pun menirukan mimik wajah perempuan tersebut. Sebelumnya, wajah perempuan yang menjadi peraga telah direkam melalui video dan informasi dari video itu lalu diberikan kepada robot sehingga nantinya ekspresi perempuan tersebut akan ditirukan robot melalui sinyal listrik. “Rasanya seperti memiliki saudara kembar,” ucap perempuan itu.

Pihak pengembang mengutarakan mereka berharap nantinya teknologi tersebut dapat berguna dalam kehidupan nyata, seperti di rumah sakit. “Kami telah menerima data yang menunjukkan bahwa robot itu dapat memberikan rasa aman kepada pasien dengan anggukan dan senyumannya ketika sang pasien tengah diperiksa oleh dokter,” kata Satoko Inoue, juru bicara untuk Kokoro, salah satu dari dua perusahaan yang mensponsori pengembangan teknologi itu.

“Memang, adanya teknologi baru kerap menciptakan ketakutan dan opini negatif, tapi tim peneliti hanya ingin menciptakan robot yang dapat berekspresi seperti manusia,” kata Ishiguro. Menurut rencana, robot itu dijual seharga 10 juta yen (US$110 ribu), kebanyakan kepada organisasi pengembang robot, kata Ishiguro.

PSK Tahun 2050

Beberapa pakar sudah memperkirakan, suatu saat manusia “berzina” denga robot Kini prediksi yang lebih ekstrim datang, yakni suatu saat robot pun akan jadi pekerja seks komersial (PSK) demi mendukung pariwisata.

Pendapat nyleneh itu dikemukakan Ian Yeoman, akademisi University of Wellington, Selandia Baru. Ia memprediksi apa yang bakal terjadi pada tahun 2050.

Pakar pariwisata ini menilai robot nantinya akan berperan besar pada dunia pariwisata masa depan. Misalnya robot bakal jadi pelayan di bar ataupun jadi tukang bersih-bersih di hotel.

Sedangkan robot yang dipekerjakan di ranah prostitusi akan punya sejumlah  keuntungan. Contohnya saja bebas dari penyakit mematikan seperti AIDS. Namun Yeoman mengakui kalau prediksi gilanya ini hanya akan terjadi di masa depan yang ekstrim.

“Teknologi robot akan jadi penting karena kita akan mengalami kelangkaan tenaga kerja di masa depan,” tukas Yeoman seperti dilansir ThaiIndian.


Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

2 Responses to Jepang Ciptakan Robot Layaknya Manusia

  1. Dot says:

    Benar Bung, Sdikit kecewanya di negeri ini pendidikan terlalu mahal, padahal otak anak negeri ini tak kalah bagus dengan mereka, akibatnya ??? bagai emas di tangan perenang yang kelelahan….

  2. dunia memang harus terus berkembang tentu aja kita juga harus siap dengan segala konsekuensinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: