Awas!!!, marak penipuan lewat e-mail.


Perangkap penipuan dunia Maya

Perangkap penipuan dunia Maya

Penipuan lewat dunia maya semakin merajalela, tak peduli waktu dan tempat,  tak peduli siapa dan dimana korban berada, tak peduli berapa usia dan kedewasaan calon korban.

sebagaimana cara kerja di dunia maya yang tak mengenal waktu dan tempat. dunia ini tampak semakin sempit dan berada di ujung jari – jari tangan dengan genggaman mouse atau sentuhan kecil pada perangkat komputer.
Semakin canggih peralatan semakin canggih pula cara kerja dan semakin canggihlah kejahatan. dengan modal email, account FB, Twitter, dan jutaan  layanan internet lainnya mereka mencoba merangsek masuk kedunia pribadi tiap penggunanya tanpa peduli siapa dan dimana.
Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan beberapa email yang sangat mengejutkan. dengan menyodorkan beberapa hal yang membuat seseorang menjadi terketuk rasa belas kasihan dan sedikit memanfaat kan kebodohan dan keluguan ditambahi iming – iming pemberian uang jutaan dollar,  maka penipuan pun siap mereka lancarkan pada setiap calon korbannya termasuk saya waktu itu.
Kadang – kadang mereka juga menggunakan berbagai nama dan account email yang berbeda dui kuatkan dengan lampiran foto pribadi dan beberapa foto pendukung cerita bohongnya yang di karang sedemikian rupa layaknya sebuah cerita sinetron atau telenovela yang sangat mengharu biru.
Setelah mengajukan bebarapa fakta (palsu), kemudian mereka akan menambahkan nama salah seorang pendeta kenamaan di daerah asal mereka sebagai pancingan dan effek yang membuat seolah – olah mereka dekat dengan tuhan nya dan dengan harapan akan menciptakan citra seorang yang jujur dan tekun menjalankan ibadah.
Saya sempat mencari tahu semua kebenaran cerita dan menyelidiki hal – hal yang mereka ceritakan sembari terus memancing mereka untuk membuka semua kedoknya. dan al hasil, semua terbongkar.
Pada akhirnya mereka akan meminta semua data – data yang kita miliki tanpa terkecuali (meskipun itu mereka lakukan secara bertahap). dengna alasan mereka akan mentranfer jutaan dollar kerekening si calon korban.
intinya setelah semua data yang mereka perlukan dari korban berhasil didapatkan, maka bukannya uang yang akan bertambah di rekening korban, tapi justru sebaliknya, semua rekening anda akan amblas, lenyap di telan setan.
Setelah itu mereka akan menghilang begitu saja atau berlagak bodoh dengan kejadian yang menimpa korbannya sambil tertawa terkekeh – kekeh dalam hatinya.
Lalu jika sudah demikian mereka akan mundur perlahan – lahan dari si korban atau berpura – pura membantu dengan segenap tenaga (meski itu hanya lips service belaka) sebagai (seolah – olah ) wujud empati mereka pada si korban.
Selanjutnya?….. anda pasti sudah bisa menebak sendiri, apa yang akan terjadi pada anda atau si korban….
Penipuan semacam ini kini marak terjadi, kasus di atas hanyalah salah satu metode/modus operandi diantara jutaan cara untuk menipu si korban. untuk itu, waspada dan jangan pernah percaya dengan siapapun di dunia maya, lebih – lebih mereka yang sok kenal dengan anda tanpa anda ketahui latar belakangnya.
Berikut  adalah salah satu isi Email penipuan tersebut.
(Yang menggunakan bahasa ingggris, adapula yang menggunakan bahasa Indonesia dan dilakukan oleh WNI, dengan berbagai cerita rekayasa. )
Dear Beloved one,

Based on your profile i am happy to request for your assistance because i believe that you are not going to betray the trust which I am going to lay on you, Hope all is well with you and other members of your family.

My name is Miss Mary Johnson,20 years old and the only daughter of my late parents Mr.and Mrs. Johnson. My father was a highly. Reputable Contractor Engineer who operated in the capital of Ivory Coast during his days. It is sad to say that he passed away mysteriously in France during one of his business trips abroad on 6th.November 2006.Though his sudden death was linked or rather suspected to have been masterminded by an uncle of his who travelled with him at that time, but God knows the truth!
Though I have not meet you before but i believe, one has to risk confiding in succeed sometimes in life. There is this huge amount of (Two million Five hundred thousand) U.S dollars ($2.5m) which my late Father Mr.Bamba Johnson Kept for me in Suspense Account here in Abidjan. My father told me that I should not let any of our relations to know about this because he was killed by them and if they know about it, that they will do nothing but to kill me in other to take hold of every thing, He told me that I should seek for a foreign partner abroad who will help me to transfer this fund overseas and also travel with him or her in other to continue my Live and Education and also to start a Business relationship with the person whom can take care of me in the future.
I am just 20 years old and a university undergraduate and really don’t know what to do. This is because I have suffered a lot of set backs as a result of incessant political crisis here in Ivory coast. The death of my father actually brought sorrow to my life, my dear, I am in a sincere desire of your humble assistance in this regards and your suggestions and ideas will be highly regarded.
Now permit me to ask these few questions:
1. Can I completely trust you?
2. Can you accept me as your own blood Sister (Or Daughter)?
3. What percentage of the total amount in question will be good for you?
Again i will want you to help me in are of investment like mention below.
1).Telecommunication
2).The transport Industry
3).Five Star Hotel
4).Tourism
5).Real Estate
Consider this and get back to me as soon as possible with your full assurance that you will not disappoint me in this issue so that I can give you the contact of the Bank where my late Father deposited the Fund for you to contact them on how to transfer the Money into your Account.

Thank you so much for your understanding and May almighty God bless you and your Family to the Glory of God Almighty,

Sincere regards,
Miss Mary Johnson.
Berikut ini hasil terjemahan oleh Google
(untuk anda yang kesulitan menerjemahkan)

Dear Beloved satu,

Berdasarkan pada profil Anda, saya senang untuk meminta bantuan Anda karena saya percaya bahwa Anda tidak akan mengkhianati kepercayaan yang saya akan berbaring di atas Anda, Hope semuanya baik-baik dengan Anda dan anggota lain dari keluarga Anda.

Nama saya Miss Mary Johnson, 20 tahun dan putri satu-satunya orang tua saya terlambat Mr.and Mrs Johnson. Ayah saya adalah seorang yang sangat. Reputasi Kontraktor Engineer yang beroperasi di ibukota Pantai Gading selama hari-harinya. Sungguh menyedihkan untuk mengatakan bahwa dia meninggal secara misterius di Perancis dalam salah satu perjalanan bisnis ke luar negeri pada 6th.November 2006.Though kematian mendadak adalah terkait atau tepatnya diduga didalangi oleh paman nya yang bepergian dengan dia pada waktu itu , tetapi Allah tahu kebenarannya!

Meskipun saya belum bertemu sebelumnya, tapi saya percaya, kita harus risiko pengakuan pada berhasil kadang-kadang dalam hidup. Ada sejumlah besar ini (Dua juta Lima ratus ribu) US dolar ($ 2,5 juta) yang saya terlambat Bapa Mr.Bamba Johnson Disimpan bagi saya dalam Account Ketegangan di Abidjan. Ayah saya mengatakan bahwa saya tidak boleh membiarkan hubungan kami untuk tahu tentang ini karena dia dibunuh oleh mereka dan jika mereka tahu tentang hal itu, bahwa mereka akan melakukan apa pun kecuali membunuh saya pada orang lain untuk memegang segala sesuatu, Dia mengatakan saya bahwa saya harus mencari mitra asing di luar negeri yang akan membantu saya untuk mentransfer dana ini di luar negeri dan juga perjalanan dengan dia di lain untuk melanjutkan saya Hidup dan Pendidikan dan juga untuk memulai hubungan bisnis dengan orang Siapa yang bisa menjagaku di masa depan.

Saya hanya 20 tahun dan sarjana universitas dan benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan. Hal ini karena saya telah menderita banyak punggung ditetapkan sebagai akibat krisis politik di sini tak henti-henti di pantai Gading. Kematian Ayah saya benar-benar membawa duka hidup saya, Sayang, aku dalam keinginan sederhana yang tulus bantuan Anda dalam hal ini dan saran Anda dan ide akan sangat dihargai.

Sekarang memungkinkan saya untuk mengajukan beberapa pertanyaan:

1. Dapatkah saya benar-benar mempercayai Anda?
2. Dapatkah Anda menerima saya sebagai Suster darah Anda sendiri (Atau Putri)?
3. Berapa persentase jumlah total dalam pertanyaan akan baik bagi Anda?

Sekali lagi saya akan ingin Anda membantu saya dalam adalah investasi seperti disebutkan di bawah ini.

1). Telekomunikasi
2). Transportasi Industri
3). Five Star Hotel
4). Wisata
5). Real Estat

Pertimbangkan ini dan kembali ke saya secepat mungkin dengan ikhlas Anda yang tidak akan mengecewakan saya dalam masalah ini sehingga saya bisa memberikan kontak dari Bank dimana Bapa terlambat disetorkan Dana bagi Anda untuk menghubungi mereka tentang bagaimana Transfer Uang ke Rekening Anda.

Terima kasih banyak atas pengertian Anda dan Semoga Tuhan YME memberkati Anda dan Keluarga Anda untuk kemuliaan Tuhan Yang Maha Esa,

Tulus regards,
Miss Mary Johnson.

Nah, bagaimanapun kejahatan bisa saja terjadi tanpa kenal tenpat dan kondisi, leboh lebih di dunia maya. selalu waspada dan jangan mudah tergiur rayuan yang memanfaatkan kelemahan anda.

Semoga bermanfaat, Salam persahabatan.

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

2 Responses to Awas!!!, marak penipuan lewat e-mail.

  1. Dot mengatakan:

    HAPUS SAJA!!! Masukkan dalam Spam. itu paling aman.

  2. zankjex mengatakan:

    kebetulan gan,
    belakangan ini di email saya banyak spam yang masuk, gak pernah saya buka langsung di hapus saja…

    terus gan, gimana cara menangkalnya?

Tinggalkan Balasan

