“P10NER” Game Perang 10 November, asli Indonesia.


Surabaya Mahasiswa ITS Surabaya telah merancang “game” edukasi berlabel P10NER (Pertempuran 10 November) untuk menyemarakkan “Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi” (GeMasTIK) 2010 di Surabaya pada 5-6 Oktober.

“Nama kampusnya saja Sepuluh Nopember, masak mahasiswanya tidak tahu sejarah namanya sendiri. Karena itu, kami pun merancang game saat liburan,” kata Felix Handani, mahasiswa Teknik Informatika ITS, di Surabaya, Minggu.

Felix bertindak selaku “Project Manager” P10NER yang berkapasitas satu “gigabyte” itu bersama tujuh rekannya, di antaranya Moh Mahrus Syamsur Rizal, Nurina Aisyah, Ratri Cahyarini, Yustiana, Hermawan Winata, dan Dian Rahma.

“Itulah situasi di Hotel Yamoto,” kata salah seorang mahasiswa dalam suara yang terdengar dalam `game` itu ketika hendak memulai pertempuran seorang pahlawan Surabaya menumpas penjajah 1945.

Peristiwa di Hotel Yamato itu akhirnya mencapai puncak dengan terjadinya perobekan berdera merah putih biru, kemudian pertempuran di Jembatan Merah, sampai pertempuran 10 November yang menewaskan Brigjen AWS Mallaby.

Tidak hanya bermain, empat level dalam P10NER juga diselingi video-video perjuangan dan pertemburan yang terjadi di Surabaya dan Indonesia.

“Jadi, pengguna game edukasi itu akan mendapat hiburan, sekaligus mendapat pelajaran sejarah dengan cara yang menyenangkan,” katanya.

Ia mengatakan “game” P10NER itu dirancang dalam waktu sekitar 2,5 bulan dengan menggunakan program bernama “FPS (First Person Shotting) Creator.”

“Dengan program itu, pembuat game tidak perlu memulai dari nol. Semua rancangan bangunan tiga dimensi, tokoh dan senjata sudah ada dalam `software` itu. Tinggal memasukkan alur cerita, lalu drug and drop saja,” katanya.

Menanggapi hal itu, dosen pembimbing mereka, Imam Kuswardayan SKom, berharap permainan “tembak-tembakan” karya mahasiswanya bisa dikenal masyarakat luas.

“Rencananya akan dipasarkan, tapi mungkin masih diperlukan tambahan di sana-sini. Semoga P10NER bisa menjadi pelogpor game edukasi di Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, permainan P10NER akan dipamerkan dan dilombakan pada ajang GeMasTIK 2010 guna meramaikan kompetisi mahasiswa informatika se-Indonesia yang dijadwalkan berlangsung di Gedung Robotika ITS.(sumber : Antara)

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: