Tips pesta pernikahan yang ekonomis namun elegan.


 

 

Tips pernikahan Ekonomis

Tips pernikahan Ekonomis

Pernikahan memang bukan untuk berulang kali. karena itu terkadang seseorang merencanakannya dengan begitu mewah tanpa mempedulikan konsekuensi selanjutnya. bukankah inti dari sebuah pernikahan adalah untuk menciptakan atau membentuk keluarga yang sakinah, mawwadah, warokhmah demi melangsungkan sunnah Rasul Mukhammad SAW. (sholawat dan salam atas Beliau). kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan Anda, tentang bagaimana cara menciptakan pesta yang ekonomis namun tetap se sempurna mungkin. silahkan disimak semoga bermanfaat.

Saat Penerimaan

1. Potong daftar tamu. Hal ini akan memangkas biaya katering dan menghemat undangan dan bahkan jumlah souvenir tentunya.

2. Pikirkan musim pernikahan,jika memungkinkan adakan acara pada saat sepi undangan. hal ini sedikitnya akan bisa menekan biaya – biaya yang sedang melangit sebagaimana hukum permintaan.

3. Adakan acara di satu tempat saja, minimal akan mengurangi biaya transportasi.

4. Adakan pernikahan di hari libur, hal ini berhubungan dengan tamu yang akan hadir, tentunya mereka tak ingin meninggalkan kesibukan bekerja mereka hanya untuk melakukan kunjungan undangan. atau mereka terpaksa datang namun dengan waktu yang begitu singkat sehingga membuat pesta yang anda persiapkan dengan istimewa menjadi kurang optimal.

5. Kurangi menu yang terlalu banyak. hal ini dimaksudkan untuk menghindari cost sewa perlengkapan meja dan tempat yang otomatis akan menjadi ruwet karena terlalu banyak meja hidangan. terkecuali tempat yang tersedi memang cukup leluasa.

6. Sesuaikan tema pernikahan Anda dengan keinginan pribadi dan budaya para tamu, serta jika memungkinkan sesuaikan pula tema acara dengan situasi yang ada. misalkan pernikahan anda akan diadakan pada saat musim pesta hari raya. alangkah baiknya jika tema yang anda pilih sesuai dengan keadaan saat itu, yaitu hari raya. sehingga akan lebih berkesan Up to date.

Bunga-bunga

7. Gunakan warna – warna bunga yang sealiran dengan warna dominasi background, atau buat warnanya supaya serasi dengan t6ema yang di tampilkan.

8. Pilihlah bunga – bunga yang setidaknya tidak begitu menguras budget anda, namun tetap memiliki kesan yang mendalam serta tidak merusak suasana tema yang anda tentukan.

9. Alangkah baiknya jika Anda mendominasikan / memperbanyak salah satu bunga agar lebih tampak memiliki kekuatan bunga yang ingin ditampilkan, sekaligus bisa menjadikan simbol pernikahan Anda.

10. Belilah bunga yang sedang musim. Secara normal tentunya akan lebih ekonomis di bandingkan dengan bunga yang sedang tidak musim. atau jika anda memang memiliki kenalan petani bunga. pesanlah sebelum pernikahan jauh – jauh hari. tidak lain tentunya untuk bisa mendapatkan harga special.

11.Juka anda suka, buatlah lentera – lentera kecil. selain akan memperindah dekorasi juga akan menambah suasana romantis. layaknya canlde light dinner bukan ?.

Makanan & Minuman

12. Sajikan hidangan utama lebih dekat dengan para tamu. tentunya untuk memberikan kemudahan bagi para tamu dalam menikmati sajian menu utama yang sudah anda persiapkan.

13. Posisi minuman jangan sampai terlewatkan, buat semudah mungkin di jangkau. kenapa? karena kebanyakan tamu lebih banyak minum di banding aktifitas makan.

14. Buat hidangan yang sesuai selera dengan para tamu, atau paling tidak jangan sediakan hidangan yang cenderung menjadi pantangan sebagian besar tamu, atau terpaksa hidangan yang anda sediakan tak di santap sama sekali.

15. Jika anda menyukai hal unik, siapkan hidangan khas daerah, biasanya akan lebih berkesan di hati para tamu Anda, dan yang penting harga, biasanya lebih ekonomis.

16. Cemilan juga, jangan sampai tamu anda hanya bengong setelah menikmati menu utama. hal ini bisa membuat suasana pesta jadi membosankan.

Kue

17. Siapkan kue cadangan, hal ini sekedar untuk mengantisipasi keadaan darurat. tentunya anda tak maukan melihat meja hidangan kosong mlompong sementara tamu Anda masih berjubel.
18. Jauhkan kue – kue yang sekiranya dapat merusak suasana. misalkan kue yang terlalu banyak menghasilkan sampah, terkadang tamu Anda masih membawa kebiasaan buruk dengan membuang sampah seenaknya. hal ini akan merusak dekorasi dan suasana bisa menjadi kumuh. Tentunya sediakan pula tempat sampah yang anda dekorasi dengan indah.

19. Jika Anda ingin meletakkan bunga pada kue, alangkah lebih romantis jika Anda gunakan bunga Asli. jangan bunga buatan. hal ini berhubgungan dengan seni dan etikanya.

20. Sediakan buah – buahan jika memungkinkan. Jambu biji atau anggur atau buah kecil lain akan memberikan kesan tersendiri. Apalagi di musim kemarau, sudah pasti, hidangan ini akan menarik selera mereka.

Undangan.

22. Buatlah Undangan massal (satu undangan untuk satu kantor / divisi/ departemen di tempat kerja Anda), kenapa? tentunya untuk menghemat biaya pembuatan undangan bukan?.

23.Atau bisa juga anda buat perkeluarga satu undangan , atau perpasangan satu undangan.
24. Pastikan suvenir yang Anda persiapkan benar – benar sempurna.

25. Jika Anda mampu, buatlah design Undangan, Souvenir sendiri, tentunya agak sulit bagi sebagian orang.

Photo, Video & Musik

26. Pilih Fotografer / Ahli Video yang benar – benar profesional. Tentunya moment special anda tak ingin gagal  di dokumentasikan hanya gara – gara kesalahan fotografer / ahli video.
27. Carilah kelompok musik yang sesuai selera para tamu Anda. dan pastinya tetap murah namun elegan. jangan menampilkan musik – musik berbau kelompok etnis atau agama tertentu jika tamu yang Anda Undang dari golongan yang berbeda – beda /majemuk.
28. Sewa pula MC yang mampu membawakan suasana pesta anda menjadi sebuah pesta yang berkesan sangat dalam dan istimewa. MC memiliki peran yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dia lah yang akan mengkomandani sebuah pesta.

Ada yang ingin menambahkan mungkin ???

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: