Lumpur Beracun Penyebab Kanker serang Hungaria


Lumpur beracun Hungaria

Lumpur beracun Hungaria

Warga Hungaria dihadapkan pada masalah lumpur merah beracun yang membanjiri sejumlah daerah setelah penampungan limbah pembuangan pabrik alumina jebol pada 4 Oktober lalu.

Para ahli lingkungan hidup mengingatkan warga untuk mengenakan masker. Sebab ketika lumpur tersebut mengering akan berubah menjadi awan debu beracun yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

Menurut para ahli lingkungan, level arsenik dan merkuri yang tinggi, yang bisa menimbulkan kanker, telah terdeteksi pada air yang tercemar limbah beracun tersebut. Dan jika terbawa oleh udara, racun tersebut bisa masuk ke sistem pernafasan manusia.

Zoltan Illes, Menteri Lingkungan Hidup Hungaria seperti dilansir Telegraph, Sabtu (9/10/2010), mengakui bahwa lumpur tersebut mengandung logam-logam berat yang bisa menyebabkan kanker.

Tibor Dobson, pimpinan Unit Bencana Nasional Hungaria pun menyerukan warga di dekat wilayah yang terkena lumpur agar mengenakan masker.

Akibat jebolnya tembok penampungan limbah pabrik alumina di kota Ajka, 165 km sebelah barat Budapest tersebut, sedikitnya 7 orang telah meninggal. Sekitar 150 orang lainnya terluka dalam bencana ekologi tersebut.

Alumina merupakan sintetik yang menghasilkan alumininum oksida. Alumina ini berupa unsur yang tidak berwarna yang digunakan untuk melebur aluminium.

Menurut CNN, limbah lumpur merah sebanyak 1,1 juta meter kubik itu membanjiri tiga desa. Limbah yang mengandung logam berat ini mematikan jika tertelan dan dapat membakar pakaian.

Perusahaan MAL Hungarian Aluminium Production and Trade, pemilik pabrik alumina tersebut, telah menyatakan dukacita kepada keluarga korban. Namun MAL bersikeras bahwa pihaknya tidak bersalah dalam peristiwa itu. Perusahaan itu menyatakan telah menyiapkan dana sebesar 110 ribu euro untuk operasi pembersihan lumpur.

Akibat banjir lumpur beracun ini, tiga desa mengalami kerusakan parah. Bahkan menurut Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, mustahil membangun kembali rumah-rumah warga di desa tersebut mengingat parahnya kerusakan yang timbul.

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

One Response to Lumpur Beracun Penyebab Kanker serang Hungaria

  1. M Mursyid PW mengatakan:

    Semoga hal yang sama gak terjadi Indonesia ya, Dot?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: