Tutorial Photoshop Matte Painting


Tutorial PHOTOSHOP Matte Painting – Pada tutorial ini, saya akan membuat tutorial dengan judul “Matte Painting”, yakni membuat gambar yang mulanya Nampak sangat indah, menjadi sesuatu yang sedikit menyeramkan. Bagi anda yang merasa sudah Master, direkomendasikan untuk tidak membaca tutorial ini. Dalam tutorial berikut ini akan saya jelskan langkah – langkahnya:

1.      Seperti biasa, buat dokumen baru pada jendela Photoshop anda.
2.      Selanjutnya cari gambar dengan resolusi yang bagus untuk dimasukkan ke dalam dokumen baru tadi. Sebagai contoh, saya gunakan gambar rumah yang telah didownload dari internet.
matte painting1

matte painting1

3.      Untuk mengambil gambar rumahnya saja, anda bisa menggunakan polygonal lasso tool untuk mengambil gambar rumahnya saja, dan soft eraser untuk  menghapus background-nya.
matte painting2

matte painting2

4.      Sekarang, anda butuh background baru. Disini sebagai contoh, saya gunakan gambar awan mendung yang bisa didownload dari internet.
matte painting3

matte painting3

5.      Masukkan gambar awan mendung tadi pada layer baru, dan drag layer “awan mendung” menuju persis di bawah layer “rumah” untuk menjadikan gambar awan sebagai background. Beri sedikit efek “prespective” untuk membuatnya lebih dramatis.

matte painting4

matte painting4

6.      Sekarang, lihatlah pada sisi – sisi rumah. Masih terdapat sedikit warna dari awan yang asli, bukan?
matte painting5
matte painting5
7.      Buka layer “rumah”. Seleksi sisi – sisi rumah yang tidak diinginkan (pada langkah no. 6). Klik Select > Modify > Expand untuk melebarkan hasil seleksi. Coba juga untuk memperbaiki sisi – sisinya dengan Image > Adjust > Hue / Saturation untuk mendapatkan gambar yang lebih baik dan jangan takut mencoba untuk menggunakan Color Correct.
matte painting6
matte painting6
8.      Selanjutnya, merge layer “Awan” dan ‘Rumah”. Gunakan Hue / Saturation seperti langkah di atas untuk memberi efek gelap pada gambar menjadi lebih sempurna.
matte painting7
matte painting7
9.      Sekarang, menuju langkah yang paling sulit. Pada gambar rumah terdapat sedikit pohon palm yang mengganggu. Anda dituntut untuk menghapus pohon palm itu menggunakan lasso tool atau yang lainyya, dan menggambar sendiri bagian rumah yang seharusnya tidak tertutupi oleh pohon palm tersebut. Anda dapat menggunakan Clone Stamp Tool untuk membantu anda menggambar.
matte paintring8
matte paintring8
10.  Langkah ini adalah langkah “membuat petir”. Jika menurut anda langkah ini tidak diperlukan, anda dapat melewati langkah ini. Caranya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya membuat layer baru, dan gambar petir menggunakan “non feathered” brush. Kemudian, Duplicate Layer petir tadi, dan beri sedikit Gaussian Blur pada layer hasil copy tadi. Anda dapat mengulangi langkah ini sesuka anda. Kemudian, gunakan Dodge Tool pada pangkal petir untuk memberi sedikit cahaya terang.
matte painting9
matte painting9
11.   Gambar pohon – pohon mati di sekitar rumah untuk membuat gambar lebih dramatis. Anda dapat menggunakan Brush Tool yang telah ditambahkan brush baru dengan nama “dead tree” (bisa diunduh dari brusheezy). Gunakan warna yang cocok untuk gambar pohon mati tersebut.
matte painting10
matte painting10
12.  Beri efek atap jebol pada gambar atap rumah dengan Brush Tool seperti langkah no. 11.
matte painting11
matte painting11
13.  Beri efek – efek dramatis lainya untuk membuat gambar menjadi lebih baik.
matte painting12
matte painting12
matte painting13

matte painting13

matte painting14
matte painting14
14.  Selesai sudah. Anda dapat membandingkan gambar sebelum dan sesudahnya.
matte painting15

matte painting15

Terima kasih telah membaca tutorial ini. Mohon maaf jika ada kesalahan. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar. Bagi anda yang sudah merasa Master, dimohon jangan meninggalkan pesan yang kurang bermanfaat. Demikian dari Beda Dunia. Terima kasih. (Ucapan terimakasih yang mendalam untuk Royyan Bachtiar _ sumber : http://www.bedadunia.co.cc)

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

2 Responses to Tutorial Photoshop Matte Painting

  1. Dot says:

    Monggo,….

  2. terlantar says:

    ijin baca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: