Kursus_Tutorial_Teknik Sablon_Screen Printing.


Tutorial_Kursus_Teknik Sablon

Tutorial_Kursus_Teknik Sablon

Souvenir_Tekhnik Sablon

Proses Persiapan Sablon

Desain gambar yang telah dibuat dengan program komputer disimpan ke dalam CD atau Flashdisk. File dalam bentuk TIF, JPG atau lebih baik lagi jika dalam bentuk CDR. Selanjutnya, diproses di tempat reproduksi cetak untuk dibuat film sablon. Jika Anda lebih mudah dengan menggambar sendiri, tanpa bantuan komputer boleh-boleh saja. pastinya dalam design tidak terbatas dengan alat, alat hanyalah untuk mempermudah proses,…setuju?

Alat Utama, Setelah desain menjadi film positif sablon , dibutuhkan perlengkapan sablon diantaranya;

  1. Bingkai Screen, untuk sablon kaos adalah jenis T48, T54, T61 dan T77. Ada yang terbuat dari kayu atau alumunium, tentunya masing masing memiliki kehandalan dan kekurangannya.Untuk pemula sebaiknya di gunakan yang berbingkai kayu, selain murah juga lebih aman jika mnyentuh perlengkapan lain, seperti kain screen misalnya.
  2. Penjepit screen, penyekat yang disebut catok ini, digunakan jika Anda membutuhkan meja sebagai bantuan. Apabila Anda akan membuat produksi sablon kaos lebih banyak, benda yang satu ini sangat dibutuhkan, Kegunaanya dalah untuk memposisikan / menempatkan Screen pada posisi yang tetap dan tidak berubah – ubah sehingga hasil sablon akan lebih halus effektif dan effisien dalam waktu.
  3. Pemoles emulsi sablon untuk mengafdruk, bisa dengan menggunakan penggaris atau mistar kecil yang terbuat dari plastik, atau benda apa saja yang bisa anda pergunakan asal memiliki manfaat kegunaan yang sama.
  4. Rakel, ada beberapa jenis rakel, rakel untuk base air dan rakel untuk base minyak (M3/M4). tentunya ukuran panjang dan jenis sudut rakel harus disesuaikan dengan media serta tinta yang akan dipakai. dengan demikian hasilnya akan tampak lebih sempurna.
  5. Ulano TZ, emulsi untuk tinta berbasis air. selain itu terdapat pula emulsi tinta yang berbasis minyak, Sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  6. Hair Dryer / kipas angin, Alat ini berguna untuk mengeringkan obat emulsi yang telah anda oleskan pada screen printing tanpa terkena cahaya kuat.
  7. Penyemprot air (water spray), digunakan untuk membersihkan sekaligus menempurnakan hasil film screen yang anda buat.
  8. Sabun colek / krim (bukan deterjen), sewaktu – waktu diperlukan untuk membersihkan sisa – sisa obat Afdruk yang masih menempel pada screen.
  9. Lakban Coklat (jika menggunakan lakban bening, akan sulit membaca detail gambar pada screen),
  10. Kaca dengan tebal 5mm, ukurannya disesuaikan dengan luas screen yang digunakan, kegunaanya adalah untuk mempermudah penekanan saat proses pengafdruka.
  11. Bantalan kain hitam, boleh berisi spon sebagai dasar penyangga antara screen dan kaca.
  12. Kayu triplek, seukuran dengan kaos yang akan dicetak, sebelumnya diberi lem stiker terlebih dahulu, fungsinya agar kaos tidak bergeser pada saat disablon. Triplek ukuran kaos S bisa digunakan kaos ukuran L, tapi tidak sebaliknya,
  13. Kain perca, disarankan dari bahan kaos juga, agar menyerap air untuk antisipasi seandainya terjadi ceceran cat yang ditakutkan mengotori kaos.

Nah, mudah kan,? jangan malu – malu untuk bertanya seandainya ada hal – hal yang belum anda ketahui dan Insya Allah kami dengan senang hati akan membantu Anda. OK, selamat mencoba berkreasi dan semoga sukses,….Amin. O ya sebagai informasi saja, kami akan segera mambuka toko obat dan peralatan serta perlengkapan sablon, jika Anda membutuhkan silahkan kontak kami, Untuk sementara halaman khusus tampilan obat – obat dan perlengkapannya belum sempat kami buat, namun demikian kami sudah siap  melayani Anda.

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: