Nuklir Fukushima, ledakannya 16000 kali lebih berbahaya dibanding Bom “Hiroshima”.


SOUVENIR_BAHAYA NUKLIR FUKUSHIMA_BUKAN UNTUK MENCARI RASA TAKUT, BUKAN UNTUK MENGUMBAR RASA BELAS KASIHAN ATAU BAHKAN BERMAKSUD MENAKUT – TAKUTI ATAU MENGGAGALKAN  mega proyek PLTN di Negeri ini, tapi coba kita kembali renungkan bersama – sama,…

Pasca tsunami yang melulu-lantakan jepang terutama propinnsi Miyagi, kini masyarakat Jepang pada umumnya mulai dihantui rasa takut akan bahaya radiasi nuklir karena meledak di pembangkit nuklir di Fukushima . Ini diakibatkan oleh gempa yang diikuti tsunami yang terjadi pada jumat tanggal 11 Maret 2011 lalu yang menyebabkan terputusnya aliran listrik yang merupakan sumber untuk menjalankan pendingin reactor nuklir tersebut.

Bahaya Ledakan nuklir Fukushima

Bahaya Ledakan nuklir Fukushima

Karena Fasilitas pendingin reaktor tidak bekerja sehingga reactor nuklir meledak dikuatirkan akan terjadi kebocoran radiasi nuklir tersebut. Hal ini membuat Sejumlah ahli nuklir AS mulai khawatir akan datang bencana besar seperti ledakan nuklir di Chernobyl, Ukraina pada tahun 1986 dan ledakan reaktor Three Mile Island di AS pada tahun 1979.
Ahli lain mengatakan bahwa kecelakaan nuklir di Jepang akan menjadi satu dari tiga bencana terburuk dalam sejarah. “Jika terus berlanjut, jika mereka tidak berhasil mengatasi masalah ini, kita baru saja meninggalkan krisis sebagian dan menuju krisis penuh. Ini menjadi bencana yang sempurna,” ujar seorang ahli nuklir, Yusuf Cirincione, dalam sebuah wawancara dengan CNN.
Ia menuturkan, lepasnya cesium radioaktif di atmosfer mengindikasikan bahwa krisis parsial yang serius sedang berlangsung. “Operator tahu bahwa batang bahan bakar telah terpapar, bahwa tingkat air telah turun di bawah batang bahan bakar dan batang bahan bakar mulai terbakar, melepaskan cesium,” keluhnya. Badan keselamatan nuklir Jepang juga meletakkan kecelakaan nuklir di Fukushima pada tingkat empat pada skala internasional 0-7. Mereka meyakini imbas dari ledakan di Fukushima hanya menimbulkan pengaruh lokal dan tidak meluas. Pemerintah Jepang telah mengumumkan melebarnya daerah radiasi dari 10 km menjadi 20 km. 4 Karyawan PLTN Fukushima diketahui terluka akibat ledakan di reaktor nomor 1.Diperkirakan 140 ribu warga Fukushima, Jepang, dievakuasi seiring dengan ledakan dari reaktor nuklir Fukushima yang mengalami kebocoran kecil akibat gempa dan tsunami di negara itu. Radius daerah yang terkena radiasi juga melebar hingga 20 km.

Apa Efek Buruk radiasi nuklir yang akan terjadi pada manusia.???

Meskipun nasib tentu tettap di tangan Tuhan, namun manusia tetap tak terlepas pula dari hukum alam yang juga adalah pasti merupakan ketetapan yang mutlak pula dari Nya. Kebocoran reaktor nuklir terburuk dalam sejarah terjadi di Chernobyl, Ukraina pada April 1986. Selain memicu evakuasi ribuan warga di sekitar lokasi kejadian, dampak kesehatan masih dirasakan para korban hingga bertahun-tahun kemudian misalnya kanker, gangguan kardiovaskular dan bahkan kematian.
Secara alami, tubuh manusia memiliki mekanisme untuk melindungi diri dari kerusakan sel akibat radiasi maupun pejanan zat kimia berbahaya lainnya. Namun seperti dikutip dari Foxnews, radiasi pada tingkatan tertentu tidak bisa ditoleransi oleh tubuh dengan mekanisme tersebut.

Editor kesehatan dari Foxnews Health, Dr Manny Alvarez mengatakan ada 3 faktor yang mempengaruhi dampak radiasi nuklir. Ketiganya meliputi total radiasi yang dipejankan, seberapa dekat dengan sumber radiasi dan yang terakhir adalah seberapa lama korban terkpontaminasi oleh radiasi.
Ketiga faktor tersebut akan menentukan dampak apa yang akan dirasakan para korban. Radiasi yang tinggi bisa langsung memicu dampak sesaat yang langsung bisa diketahui, sementara radiasi yang tidak disadari bisa memicu dampak jangka panjang yang biasanya malah lebih berbahaya.
Dampak sesaat atau jangka pendek akibat radiasi tinggi di sekitar reaktor nuklir antara lain sebagai berikut:
1. Mual muntah
2. Diare
3. Sakit kepala
4. Demam.
Sementara itu, dampak yang baru muncul setelah terpapar radiasi nuklir selama beberapa hari di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Pusing, mata berkunang-kunang
2. Disorientasi atau bingung menentukan arah
3. Lemah, letih dan tampak lesu
4. Kerontokan rambut dan kebotakan
5. Muntah darah atau buang air besar mengeluarkan darah
6. Tekanan darah rendah
7. Luka susah sembuh.
Dampak kronis alias jangka panjang dari radiasi nuklir umumnya justru dipicu oleh tingkat radiasi yang rendah sehingga tidak disadari dan tidak diantisipasi hingga bertahun-tahun.
Beberapa dampak mematikan akibat paparan radiasi nuklir jangka panjang antara lain sebagai berikut.
1. Kanker
2. Penuaan dini
3. Gangguan sistem saraf dan reproduksi
4. Mutasi genetik. (jm/gan)

Menurut salah satu sumber mengatakan bahwa 10 ton limbah nuklir di Fukushima mengandung 240 kali jumlah caesium radioaktif yang dihasilkan oleh ledakan di hyroshima. Sementara itu penggunaan nuklir di Reaktor 4 Fukushima menghabiskan kurang lebih 30 ton per tahun, dan dari pembakarannya menghasilkan 720 “bom Hiroshima

Sementara itu Unit 4 bekerja selama 32 tahun, sehingga hari ini penampungan nuklir di unit 4 berisi setidaknya 16000 kali cesium Hiroshima. Dan hal itu merupakan ancaman paling mengerikan dibanding wilayah jepang yang tak begitu luas dengan pengalaman masa lalu yang sudah cukup mengerikan.

Mungkinkah Indonesia akan nekad membangun PLTN? pikir baik – baik???? sedang Lumpur Lapindo saja, SUDAH PASTI tak akan bisa teratasi, bahkan hingga massa usia lanjut CUCU PRESIDEN SBY,……..

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

One Response to Nuklir Fukushima, ledakannya 16000 kali lebih berbahaya dibanding Bom “Hiroshima”.

  1. setyantocahyo mengatakan:

    wah mengerikan sekali ya….
    pa kabar kota Batang.., thanks ya infonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: