Robot Pematung_telah Diciptakan oleh Anak Indonesia.


Robot Pematung

Robot Pematung

Souvenir_Robot Pematung_Indonesia jangan dianggap enteng, Memang negeri ini adalah negeri yang besar seperti kata sang proklamator. Tapi jangan pula menampik jika pemimpin negeri ini adalah orang – orang kerdil dalam perut yang besar. mereka hanya bisa ribut di tengah mimbar kehormatan sebagai wakil rakyat yang cuma bisa menyuarakan isi perutnya sendiri, “mirip taman Kanak – kanak” begitulah kata sang Guru bangsa Gus Dur.
Pakar robotika dari Universitas Indonesia Dr. Ir. Wahidin Wahab M.Sc. kini tengah mengembangkan robot pematung. Robot tersebut nantinya akan mampu membantu tugas para seniman patung dalam negeri.
Seniman patung itu harus memotong kayu besar dulu untuk membuat bentuk dasarnya. Setelah itu kan baru membuat bentuk yang lebih detail. Proses yang memakan waktu lama dan melelahkan. Pada proses tersebutlah robot yang dikembangkan Wahidin nantinya akan berperan. Bentuk dasar dibuat rata-rata dalam waktu seminggu oleh seniman. Dengan robot, pembuatan bentuk dasar bisa lebih cepat. “Paling 5 sampai 10 menit beres proses itu,” kata ketua Asosiasi Robotika Indonesia itu.
Robot serupa bukanlah hal baru dan selama ini telah digunakan di industri pesawat terbang nasional. Bedanya, robot yang dikembangkan Wahidin akan lebih menitikberatkan pada kecepatan, bukan ketepatan. Desain robot pun akan simple sehingga tak terlalu berbiaya tinggi sebab yang ingin dikejar adalah fungsinya.
Wahidin yang juga dosen di Fakultas Teknik UI mengungkapkan, robot yang dikembangkannya takkan menggantikan keahlian manusia. Justru, robot ini bisa memanusiakan manusia dalam pekerjaannya. “Robot ini akan menggantikan pekerjaan yang melelahkan dan membosankan bagi manusia,” katanya. “Pematung bisa lebih fokus pada hal yang menjadi kehaliannya. Jiwa seninya,” tambahnya.
Setelah jadi, robot akan dipasarkan ke para pematung, terutama Yogyakarta dan Bali. Saat ini, pengembangan robot sudah masuk tahun kedua.
Diharapkan, tahun ketiga pengembangannya telah selesai. Pengembangan robot ini merupakan kerja sama jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro UI. Pendanaan diperoleh dari Kementerian Riset dan Teknologi.
Semoga saja dengan munculnya robot seperti ini akan memacu kreasi anak negeri lainnya untuk berprestasi minimal sebanding atau jika bisa lebih dahsyat lagi. Selamat berkreasi , lupakan wajah – wajah sok pahlawan yang muncul di tiap lima tahun sekali itu,………

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

One Response to Robot Pematung_telah Diciptakan oleh Anak Indonesia.

  1. setyantocahyo mengatakan:

    Alhamdulillah…
    bangsa kita sudah selangkah lebih maju…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: