Kuda Tertua Kerajaan Iran ditemukan


Souvenir_Kuda Tertua Kerajaan Iran ditemukan

Souvenir_Kuda Tertua Kerajaan Iran ditemukan

Souvenir_Kuda Tertua Kerajaan Iran ditemukan_Sisa-sisa kuda Caspian tertua–yang terkenal sebagai kuda para raja karena populer di kalangan kerajaan–ditemukan di Iran bagian utara. Demikian dilaporkan oleh Circle of Ancient Iranian Studies (CAIS).

Kuda yang ditemukan di situs bernama Gohar Tappeh tersebut diperkirakan berumur lebih dari 3.000 tahun. “Sepertinya hidup di akhir Zaman Perunggu,” kata arkeolog yang ikut menggali di Gohar Tappeh.

Kuda ini dikubur berdekatan dengan manusia, menunjukkan bahwa kuda ini sangat berharga.

Pada masa purba, kerajaan memilih kuda Caspian untuk ditunggangi dalam pertempuran atau untuk menarik kereta tempur. Kuda Caspian berukuran lebih kecil daripada kuda modern–sekitar dua pertiganya–tetapi, seperti disebutkan oleh seorang peternak kuda ternama asal Amerika Serikat, Louise Firouz, kuda Caspian jinak, cerdas, dan penurut. CAIS mendeskripsikan kuda Caspian sebagai kuda yang ramping, bertulang kecil, pendek, kepalanya bagus dengan dahi yang tegas, mata besar, telinga pendek, serta moncong kecil. “Mereka cepat dan kuat, bersemangat tapi tempramennya bagus,” jelas CAIS.

Dalam sejarah modern, kuda Caspian merupakan kuda tertua yang masih ada. Pada 1972, Iran menghadiahkan kuda kepada Pangeran Philip yang kemudian mengembangbiakkan kuda tersebut.

Sementara itu, penelitian di Gohar Tappeh akan terus dilanjutkan. “Sampai kami menemukan ‘tanah perawan’ untuk mendapati manusia tertua yang hidup di situs ini,” kata Ali Mahforuzi, direktur tim arkeologi di Gohar Tappeh. (Sumber: CAIS, Discovery News)

Perihal Dot
DOT Productions Owner, kami bergerak di bidang jasa Percetakan, Advertising, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Selain itu kami Juga Merintis sebuah Band Underground dengan konsep Pelestarian budaya bangsa pada khususnya Kuda Lumping. Band dengan Tittle "Debis Of ancesTor" Atau DOT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: